Manfaat Istigfar

Manfaat Memperbanyak Membaca Istighfar

"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung"

Sesungguhnya mengajarkan kepada kita meningkatkan kualitas diri kita ( Baik dari sisi mental spiritual, material & ilmu pengetahuan dengan syarat Istighfar tidak sekedar diucapkan di mulut, tetapi terhunjam di hati dan diikuti dengan amal kebaikan yang bisa menghapus kesalahan.
Mendidik kita untuk selalu meluruskan dan memurnikan niat dalam setiap amal kebaikan atau amal ibadah kita. Allah SWT Berfirman Dalam QS. An-Nisa' ( 110 )


وَمَن يَعۡمَلۡ سُوٓءًا أَوۡ يَظۡلِمۡ نَفۡسَهُۥ ثُمَّ يَسۡتَغۡفِرِ ٱللَّهَ يَجِدِ ٱللَّهَ غَفُورٗا رَّحِيمٗا ١١٠
 
Artinya,“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nisa (110).
Allah akan memudahkan kita dari kesulitan, menghiburr kita disaat sedih dan diberi rejeki dari jalan yang tidak terduga. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW : “Barangsiapa yang melazimkan, mendawamkan dirinya selalu beristighfar kepada Allah, maka Allah mudahkan saat ia sulit, Allah gembirakan saat ia sedih,dan Allah beri rezki dari jalan yang tidak pernah ia duga.” 
Memudahkan datangnya rejeki atau juga keturunan ( anak ). Sebagaimana Firman Allah Dalam QS. An Nur ayat 10 sd 12 

فَقُلۡتُ ٱسۡتَغۡفِرُواْ رَبَّكُمۡ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارٗا ١٠ يُرۡسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيۡكُم مِّدۡرَارٗا ١١ وَيُمۡدِدۡكُم بِأَمۡوَٰلٖ وَبَنِينَ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ جَنَّٰتٖ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ أَنۡهَٰرٗا ١٢
Artinya “Beristighfarlah kepada Tuhanmu – sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun – niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan(pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”. (QS. Nuh:10-12)

Ada sebuah kisah 

Suatu hari Kyai Kholil kedatangan tiga tamu yang menghadap secara bersamaan. Sang Kyai bertanya pada tamu yang pertama : "sampeyan ? ada perlu apa ? 
"Saya Pedagang, Kiyai, tapi hasil tidak didapat, malah rugi terus menerus, ucap tamu pertama. Beberapa saat Kyai Kholil menjawab mantap : "jika kamu ingin berhasil dalam berdagang, perbanyak istigfar!

Kemudian Kyai bertanya kepada tamu ke dua : "sampeyan, ada perlu apa ? 
Saya sudah berkeluarga selama 18 Tahun, tapi saat ini masih belum diberi keturunan, kata tamu kedua. 
Setelah memandang kepada tamunya itu, "jika kamu ingin punya keturunan perbanyak baca istigfar!.

Kini giliran pada tamu yang ketiga. Kyai juga bertanya : "Sampeyan ada keperluan apa ? "Saya Kepala Madrasah kyai. Namun makin hari hutang saya makin banyak, sehingga tak mampu membayarnya , ucap tamu yang ketiga dengan raut muka serius. 
Beberapa murid Syaikhona Kholil yang melihat peristiwa itu merasa heran. Masalah yang berbeda, tapi dengan jawaban yang sama, resep yang sama yaitu menyuruh memperbanyak membaca istigfar.
Kyai kholil mengetahui keheranan para santrinya. Setelah tamunya pulang maka dipanggillah para santri yang penuh tanda tanya itu dengan dibacakan ayat Al Qur'an ( QS. Nuh : 10 - 12 )
mendengan jawaban Kyai ini, para santri mengerti bahwa jawaban itu memang benar.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Istigfar"

Posting Komentar