Makna Barokah atau Berkah


Seringkali dalam keseharian kita mendengar kata Barokah baik dari sebuah salam, do'a ataupun harapan, misalnya Assalamu'alaikum Warohmatullohi wabaraokaatuh, semoga dikasih rejeki yang barokah, dikarunia ilmu yang barokah atau dilimpahi umur yang penuh berkah dan lain - lain. 
Secara etimologi ( bahasa ) kata berkah berasal dari bahasa Arab barokah ( البركة ) artinya nikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk. Dilihat dari KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.
Sedangkan secara  terminologi ( istilah ) berkah atau barokah artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79).
Dalam Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti: (1) tumbuh, berkembang, atau bertambah; dan (2) kebaikan yang berkesinambungan. Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “kebaikan yang banyak dan abadi”.

Diantara makna barokah yang disampaikan para alim saya pribadi tertarik makna barokah yang berbunyi "Albarokatu tuziidukum fi thoah” Berkah yaitu sesuatu yang menambah taatmu kepada Allah". Umur yang barokah, ilmu yang barokah, rezeki yang barokah, pekerjaan yang barokah adalah yang menambah taat kepada Allah.

Bahkan sakit pun merupakan barokah apabila menambah taat kepada Allah. Misalnya sakitnya nabi Ayyub as.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Barokah atau Berkah"

Posting Komentar