Tindihan

"Tindihan"

Sebelum menikah saya tidak begitu akrab dengan kata "tindihan" ini. Tapi setelah menikah sampai sekarang terbiasa menghadapi orang yang "tindihan". Bahkan bila dihitung sejak tahun 2009 sampai sekarang sudah gak terhitung lagi karena saking seringnya.

Awal pertama di tahun 2009 sempat panik karena ketika tidur tiba-tiba teriak, meronta-ronta, ngomong gak jelas. Setelah sadar ia bercerita kalau tidak bisa menggerakkan badannya dan merasa ketakutan karena seakan mendengar suara yang tidak jelas dan melihat sesuatu yang menyeramkan. Awalnya rada takut...."tadi aku lihat orang bertubuh besar berdiri disitu" katanya. Tapi kelamaan biasa saja bila setelah tindihan bercerita seperti itu.

Bertanya kepada kerabat, orang tua dan yang dituakan. Baca2 buku, search di internet tentang "tindihan" membuat wawasan rada terbuka lebar.

Apakah orang tindihan itu badannya di tindih makhluk ghaib (jin) sehingga tubuhnya susah digerakkan? Iya bisa saja... Makanya ketika tindihan para sesepuh menganjurkan baca ayat kursi, an naas, Al Falaq, Al ikhlas.

Namun bagaimana bila dilihat dari sudut pandang yang lain?

Tindihan bisa juga terjadi karena otak bekerja dan memberi perintah pada saat tubuh belum siap menerima perintah. Jadi kenapa semua indra kita berfungsi tapi tubuh kita seakan mati. Hal ini diistilahkan "sinkronisasi data motorik" yg tidak sesuai.

Penyebabnya bisa diakibatkan oleh posisi tidur yg kurang baik. Misal posisi leher bagian belakang yg diberi bantal yg tidak sesuai. Sehingga suplai oksigen ke otak kurang baik. Hal ini menimbulkan otak terbangun dari tidur, dan saat itu tubuh sedang tidur. Karena oksigen yang diterima otak sudah limit menyebabkan otak memaksa paru-paru untuk mengambil nafas dengan cepat pada saat organ tubuh dalam mode relax. Makanya terkesan sesak nafas dan pandangan gelap. Jadi belum tentu ditindih oleh jin yang duduk di dada kita.

Mengapa kok seakan melihat sesuatu yang menakutkan atau mendengarkan suara yang menyeramkan??

Sebenarnya itu respon pikiran kita. Karena kita dari kecil di cekoki oleh hal mistis dan kita percaya. Sehingga apa yg kita pikirkan saat kita panik adalah memory yang ada dalam bawah sadar kita.

Jadi saran saya bagi yg sering tindihan sebelum tidur wudhu' dulu dan sholat sunnah agar tubuh bekerja dengan baik sebelum tidur. Dan perbaiki posisi tidur terutama leher bagian belakang.

Gambar dapat dari google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tindihan "

Posting Komentar