Bahayanya Bodoh Permanen Aktif


الجهل معذب بالجهله
artinya : Orang bodoh itu disiksa dengan kebodohannya. 
Plato pernah berkata : "Orang yang pandai, bisa membaca orang yang dihadapi adalah orang bodoh. Sebab, sebelumnya dia pernah menjadi orang bodoh. Tetapi, orang yang bodoh tidak akan pernah tahu bahwa orang yang dihadapinya adalah orang pandai, sebab dia sebelumnya belum pernah menjadi orang pandai". 
Karena itu artikel ini dibuat dengan judul "Bahayanya Bodoh Permanen Aktif".

Menulis tentang kebodohan, bodoh sendiri dibagi menjadi dua bodoh sebentar dan bodoh permanen.

Bodoh sebentar
Disebut juga dengan istilah bodoh sementara. Hal ini bisa disebabkan sedikitnya ilmu pengetahuan yang dimilikinya dikarenakan masih dalam taraf awal belajar. Banyak hal yang belum ia ketahui dan pahami maka seolah - olah ialah orang yang paling pandai. Bodoh sementara dimiliki orang yang IQ-nya normal atau “average” berkisar "60", yang mana ia berada dalam tahap awal belajar, maka benarlah kata pepatah padi yang baru nongol maka ia akan jumawa atau dangak.

Orang yang mempunyai kebodohan sementara bisa berubah secara bertahap menuju ke kepandaian sejati apabila masih ada pada dirinya keinginan dan kemauan untuk terus belajar serta mempunyai pola pikir  "dogmatis aktif" Artinya tidak alergi terhadap pendapat - pendapat atau teori-teori baru yang akan ditemuinya dalam masa belajar. Hal ini juga dimungkinkan apabila orang bodoh sementara mau menambah pengetahuannya dengan cara membaca buku-buku, surat kabar, artikel dan mau menerima pendapat dari orang yang lebih pandai dari dirinya plus sifat keterbukaan untuk menerima pendapat orang lain. Tidak mudah menyalahkan pendapat orang lain. Suka bertanya kepada orang lain yang dianggapnya memiliki kepandaian tertentu.

Bila ini dilakukan, maka puncaknya dia bisa mencapai kepandaian yang haqiqi yaitu rasa sadar kalau sejatinya dia masih teramat bodoh dikarenakan ilmunya tidak seberapa, bila dibandingkan dengan ilmu Allah. Sebagaimana Fimannya dalam Al Qur'an :

قل لو كان البحر مدادالكلمت ربي لنفد البخرقبل ان تنفد كلمت ربى ولو جئنا بمثله مددا

Bodoh permanen 
Bodoh permanen itu dibagi menjadi dua yaitu pertama bodoh permanen pasif boleh dikatakan bodoh abadi. Artinya, sangat sulit untuk menjadi tidak bodoh. bahkan, bisa jadi sampai akhir hidupnya tetap bodoh. Hal ini disebabkan karena IQ-nya jauh dibawah standar atau dibawah rata-rata atau bisa dibilang Idiot, Debil, Moron. Kalau dalam bentuk angka, kira-kira IQ-nya 0 besar atau kurang dari 10. Format logikanya atau kualitas otaknya memang tidak bisa berkembang. Bodoh permanen seperti ini tidak menimbulkan kerusakan parah khusus hanya untuk dirinya pribadi. bahkan ulama fiqih sepakat orang yang bodoh permanen pasif dikatakan sebagai golongan tidak mumayyiz artinya tidak mampu membedakan yang haq danyang batil, sedangkan mumayyiz muncul diawal usia 7 tahun sampai masuk akil balig yaitu diusia 15 tahun. Maka benarlah perintah sholat bagi anak - anak dimulai sejak usia 7 tahun, sebagaimana hadits nabi.

مروا اولادكم بالصلاة وهم ابناء سبع سنين واضربوهم عليها وهم ابناء عشر سنين وفرقوا  بينهم في المضاجع

Kedua bodoh Permanen aktif yaitu sebuah pemahaman terhadap suatu pendapayang dipahami dan diyakini benar itulah yang benar akan tetapi menihilkan pendapat yang lainnya, artinya semua pendapat yang berseberangan dengan pendapatnya adalah salah dan tersesat semua. Type orang bodoh permanen aktif ini sulit menerima pendapat orang lain walau kemungkinan orang lain tadi lebih pintar dan benar pendapatnya.

Meskipun type orang dengan bodoh permanen aktif suka membaca kitab, buku atau browsing di internet tetapi selalu salah dalam menafsirkan isi kitab, buku atau yang dijelajahi di dunia maya tersebut, sehingga terjebaklah ia dalam kebodohan permanen aktif.

Orang dengan type bodoh permanen aktif mempunyai ciri - ciri mempertahankan pendapatnya yang salah secara emosional, disebut juga dengan istilah “tukang ngeyel”. Dia cenderung tidak mau bertanya kepada orang lain yang lebih pandai terhadap suatu hal, karena dia merasa akan merasa salah, bodoh dan tersesat kalau bertanya kepada orang lain yang sudah dianggap salah, bodoh dan tersesat padahal sebenarnya dia sendiri yang tersesat.

Type orang bodoh permanen akti sangat membahayakan karena suka menyalahkan orang lain dan menganggap semua orang yang tidak sependapat dengannya salah bodoh dan tersesat, dia tidak sadar kalao sejatinya dirinya sendiri yang tersesat, Suka mencela orang lain dan suka menyerang pendapat dan pemahaman orang lain dan suka membodoh-bodohkan orang lain padahal dia sendiri yang tercela dan bodoh.

Semoga kita semua bukan termasuk golongan orang dengan "Type Bodoh Permanen Aktif" aamiin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Bahayanya Bodoh Permanen Aktif"

Posting Komentar