Kalau Telinga Kita Berdenging


Kalau telinga kita berdenging adalah panggilan baginda Nabi Muhammad ﷺ. Sebab musababnya adalah agar kita tidak mengatakan prasangka jelek dan tidak berpedoman pada tahayul terhadap hal itu.
Sesungguhnya suara "nging ditelinga" itu pertanda Sayyidina Rosululloh ﷺ sedang menyebut orang yang telinganya bersuara "nging" dalam perkumpulan yang tertinggi (malail a'laa) dan supaya ia ingat pada Sayyidina Rosulullah ﷺ kemudian membaca sholawat.

Hal ini berdasarkan keterangan dari kitab Azizi 'Ala Jamiush Shaghir "Jika telinga salah seorang kalian berdengung (nging) maka hendaklah ia mengingat aku (Sayyidina Rosululloh ﷺ) dan membaca sholawat kepadaku. Serta mengucapkan "Dzakarallahu Man Dzakaronii Bil Khoir" artinya Alloh ta'ala akan mengingat siapa saja yang mengingatku dengan kebaikan.

Imam Nawawi berkata : Sesungguhnya telinga itu berdenging hanya ketika datang berita baik ke Ruh. Bahwa Sayyidina Rosululloh SAW telah menyebutkan orang ( pemilik telinga yang berdengung"Nging") tersebut dengan kebaikan di al mala'al a'la (majlis tertinggi) di alam ruh.

[ Dikutib dari Kitab AZIZI 'ALAL JAMIUSH SHAGIR ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalau Telinga Kita Berdenging "

Posting Komentar